Minggu, 13 September 2015

TROPICAL SECRET OF RED VELVET CAKE

Siapa yang nggak kenal dengan kue satu ini ... cake yang sudah ada sejak zaman perang dunia ke-2 ini merupakan makanan para tentara AS yang kini mem-booming di negeri ini. nggak tanggung - tanggung dengan harga yang meroket di beberapa mall mnjadikan cake ini sangat populer. pewarna yang berasal dari buah bit merah tua ini menambah kesan sexy dan exclusive membuat cake lembut dan lembab ini tampil lebih menawan.
resiko aku tinggal di kota kecil puter-puter cari buttermilk tidak membuahkan hasil .... pas hunting bahan di beberapa toko swalayan juga nihil ... paling nggak cuman beli pala bubuk karena persediaan di rumah dah habis .... sambil pegang kemudi aku terus berpikir gimana bikin red velvet itu dengan sentuhan rasa yang baru tapi tetap seempuk dan selegit red velvet ..... pffffff
nyampek rumah aku buka kulkas sekalian naruh barang belanjaan ternyata santan kara aku masih ada trus ada susu evaporated, keju, dan sebotol yogurt.... nah barulah aku bisa berkreasi dengan redvelvet tuh .... hasilnya no bad ... tinggal bikin tester ke pelanggan .... thanks god ... order mulai masuk
cupcake red velvet ini sengaja aku kasih sentuhan rasa pala dan gurihnya santan masak ...
ok dah lgsg aja aku share resepnya ........

bahan cupcake :

BAHAN A >
300 gram       tepung terigu low protein
1/2 sdt           baking soda
1 sdt              baking powder double acting
30 gram         coklat powder
1 sdt              bubuk pala

BAHAN B >
3 butir            kuning telur
2 butir            putih telur
1 sdt              emulsifier
150 gram       butter (salted) (aku pake merk Anchor )
100 gram       margarine (aku pake blueband cake and cookie)
150 - 180 gr  gula castor ( aku pasang 180 gram karena suka manis )

BAHAN C >
125 ml           susu evaporated
100 ml           yogurt plain
100 ml           santan masak (aku pake kara)
pewarna merah secukupnya
75 ml             jus buah bit ampasnya dibuang

bahan toping :

200 gram       cheese cream
100 gram       butter unsalted
70 gram         gula bubuk
1 sdt              Vanilla extract
strawberry     secukupnya di iris menjadi 5 atau bisa diganti dengan buah lain atau juga color choco                           chip


CARA MEMBUAT

  • campurkan bahan A aduk rata sisihkan
  • kocok bahan B hingga mengembang, sisihkan
  • campurkan bahan C  aduk bentar dan rata
  • masukkan bahan A dan C ke dalam adonan B sedikit demi sedikit dan dilakukan secara selang _ seling aduk hingga merata 
  • siapkan loyang cupcake yang sudah di beri kertas cupcake isi setiap cup sebanyak 3/4 
  • panggang dalam oven, lakukan test tusuk pada cupcake hingga matang
  • angkat dan dinginkan
  • untuk membuat toping campur semua bahan toping kecuali strawberry mix hingga lembut lalu masukkan ke kantong plastik yg sudah disiapkan head tart ornament ... hias diatas cupcake dan sebagai pemanis tambah strawberry atau sesuai selera 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar